Kamis, 05 Juli 2012

UNetbootin: Boot Windows Linux dari USB/Flashdisk

UNetbootin, Apa itu?
UNetbootin adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan kita untuk menjadikan USB sebagai pengganti CD bootable. Aplikasi ini memungkinkan kita menginstal OS Windows atau Linux tanpa repot-repot burning CD.

Apakah keuntungan UNetbootin?
UNetbootin sangat menguntungkan. Selain proses yang lebih cepat dari pada burning CD/DVD, UNetbootin juga membantu netbook atau pun komputer yang tidak memiliki CD-rom. Penggunaannya pun cukup mudah dan berbasis Interface. UNetbootin juga dapat membuat bootable Linux melalui USB dengan mendownload datanya. Kita dapat menginstal Ubuntu, Fedora, openSUSE, PCLinuxOS, Linux Mint, ArchLinux, Debian, CentOS, Frugalware, FreeBSD, NetBSD, Parted Magic,dll dengan mudah sekali.

Cara Penggunaan

1. Download UNetbootin disini atau disini(mirror)

2. Jalankan UNetbootin

3. Pilih Distribution untuk mendownload OS dan pilihlah distribution dan versinya. Atau kita akan menginstal melalui ISO-file. Pilih diskimage dan masukkan ISO-file.



4. Pilih Hardisk atau USB drive. Untuk Hardisk, apabila kita memilih drive yang aktif/boot, maka OS yang sedang berjalan akan tidak bisa booting. Maka dari itu, pilihlah USB drive. Cek sisa memory pada USB/Flasdisk. LAKUKAN BACKUP karena UNetbootin dapat MENGHAPUS file jika memory kurang.


5. Klik OK, dan tunggu proses selesai


........Jangan lupa +1 dan Share-nya ya...

2 komentar: