Rabu, 06 Juli 2011

Kebiasaan Berawal Sejak Dini

Kita tahu bahwa setiap manusia pasti memiliki kebiasaan, tak lain adalah tidur di malam hari dan bekerja di siang hari. Tapi itu berbeda pada orang yang telah terbiasa untuk tidak tidur di jam tersebut. Inilah yang dimaksud kebiasaan.
Sebagian orang menganggap kebiasaan berawal dari pengetahuan, entah itu dari prilaku keluarga ataupun masyarakat. Tapi itu tidak selalu benar. Mengapa? Karena kebiasaan itu terjadi ketika kita telah menyukai sesuatu kegiatan yang sudah kita alami. Kebiasaan tentu ada 2 macam bahkan mungkin malah ada 3, yaitu kebiasaan yg bersifat positif atau menguntungkan dan sebaliknya kebiasaan yg bersifat negatif atau merugikan tentunya. Berbohong demi kebaikan itu pun ikut kategori negatif meskipun menguntungkan, karena berbohong itu adalah prilaku tercela. Sedangkan prilaku tercela itu dapat mengakibatkan masalah yang semakin panjang. Semisal kamu telah berjanji merahasiakan misal sebuah rahasia perusahaan. Kamu dipaksa untuk membongkar rahasia itu kepada para penjahat. Tentu jika kamu berbohong masalah akan panjanp, tapi jika tidak nyawamu terancam.
Bagaimana pun kamu akan lebih menyusahkan orang jika memberi tahukan. Jadi ambilah yang bijak seperti "Aku rela mati, asal aku bukan penyebab semuanya!" bentakmu sebagai pahlawan.
Dini artinya sekarang, tapi yang dimaksud disini bukanlah itu melainkan sebelum terlambat. Kalian tahu pohon yang di pupuk sejak kecil akan maksimal dari pada pohon yang dipupuk ketika sudah terlambat. Mengapa? Karena selain pohon yang kokoh, kulit yang tebal, sehingga tidak dapat membelokan ranting-ranting yang menyambar rumah tetangga.
Selain itu penjagaan sangatlah penting. Rumah yang tidak dijaga akan mudah dimaling. Seperti pohon yang dijaga agar tetap aman dari hama. Jadi penjagaan adalah hal yang begitu sulit.
Perawatan adalah kunci. Sering-seringlah memberi kuliah agar tidak meleset. Rambut yang indah itu butuh perawatan, jika sudah rusak akan mahal perawatannya. Motor yang mahal pun jika tidak dirawat akan mahal jika dijual. Jadi merawat itu lebih baik. Manusia jika salah akan disanksi bukan?
Dari semua ulasan tersebut maka orang tua lah yang terpenting dalam hal ini. Semua orang tua akan mendambakan anak yang terbaik.
[bersambung...] ........Jangan lupa +1 dan Share-nya ya...

Tidak ada komentar: